JAGUNG

  1. Kenapa jagung sangat penting untuk ketahanan pangan ?

Jawab :

Karena jagung merupakan salah satu komponen bahan pakan yang harganya relative murah dan juga berpeluang meningkatkan keuntungan finasial serta dapat membuka peluang peningkatan pendapatan petani

 

  1. Pengembangan tanaman jagung bertujuan untuk apa ?

Jawab :
untuk mencukupi ketersediaan pangan di indonesia

 

  1. Apa saja media dalam penanaman jagung ?

                     jawab :

v  Sabit, digunakan untuk penyiangan lahan dari rerumputan liar.

v  Cangkul, digunakan untuk mencangkul lahan sebelum ditanami jagung.

v  Traktor, digunakan untuk membajak lahan sebelum ditanami jagung.

v  Pisau, digunakan untuk memudahkan dalam penetikan jagung saat panen.

v  Alat perontok jagung, digunakan untuk merontokkan jagung sebelum dijemur

  1. Tanaman jagung berfungsi untuk apa ?

Jawab :

 

v  Memperbaiki pencernaan
Jagung memiliki banyak serat yang merupakan keuntungan besar untuk pencernaan. Hal ini dapat mencegah sembelit, wasir, dan bahkan menurunkan risiko kanker usus besar.

v  2. Kaya mineral
Lebih dari yang bisa Anda pikirkan, jagung mengandung sebagian besar magnesium, tembaga besi, dan yang paling penting fosfor, yang diperlukan untuk kesehatan tulang. Nutrisi ini tidak hanya mencegah tulang Anda dari retak karena Anda bertambah tua, tapi juga meningkatkan fungsi ginjal.

v  3. Merawat kulit
Jagung juga kaya akan antioksidan, yang membantu dalam menjaga kulit agar awet muda. Selain dikonsumsi sebagai makanan, dapat juga digunakan minyaknya yang merupakan sumber yang kaya asam linoleat. Tepung  jagung juga berguna untuk meredakan iritasi pada kulit.

v  Mencegah anemia
Anemia merupakan suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah berkurang jauh karena kurangnya zat besi. Dengan demikian, jagung manis bermanfaat bagi kesehatan karena kaya akan vitamin B dan asam folat yang mencegah anemia.

v  Mengontrol kolesterol
Kolesterol adalah zat yang diproduksi oleh hati. Ada dua jenis kolesterol, kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Peningkatan kolesterol jahat  karena asupan makanan berlemak melemahkan hati Anda dan juga dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Vitamin C, karotenoid dan bioflavinoids yang terkandung dalam jagung manis menjaga jantung Anda tetap sehat dengan mengendalikan kadar kolesterol dan meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

v  Penting selama kehamilan.
Konsumsi jagung pada wanita hamil, menyediakan sumber yang kaya asam folat. Kekurangan asam folat pada wanita hamil mempengaruhi bayi. Kurangnya asam folat dalam tubuh mempengaruhi berat badan bayi. Jagung manis bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil dan bayi. Ini mencegah bayi kekurangan berat badan dan menghindari  dari cacat lainnya.

 

  1. Tanaman jagung cocok ditanam di daerah mana ?

Jawab :

Tanaman jagung cocok di tanam didaerah  beriklim sedang hingga beriklim sub-tropis/tropis yang basah . Jagung dapat tumbuh di daerah yang terletak antara 0-50o LU hingga 0-40o LS. Pada lahan yang tidak beririgasi, pertumbuhan tanaman ini memerlukan curah hujan ideal sekitar 85-200 mm/bulan dan harus merata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s